Langsung ke konten utama

Mengecek dan Memperbaiki Tombol Keyboard PC/Laptop Yang Rusak


Dalam uraian berikut ini, akan dijabarkan mengecek dan memperbaiki Keyboard  PC/Laptop yang rusak.

Pada waktu kita asik mengerjakan mengerjakan kerjaan sekolah/kantor atau browsing internet di laptop/PC, tiba-tiba ada salah satu tombol keyboard yang tidak berfungsi, atau malah sebagian tombol tidak dapat digunakan,  parahnya lagi adalah ketika semua tombol tidak merespon ketika ditekan. Ini berarti keyboard mengalami kerusakan.

Kerusakan keyboard pada PC/lapton dapat diketahui dengan gejala-gejala berikut;  antara lain tombol tidak berfungsi meskipun ditekan,  atau tombol menekan secara terus-menerus, atau kursor bergerak sendiri, atau waktu kita membuka aplikasi misalnya MS.Word ada huruf yang terketik dengan sendirinya, atau terdengar bunyi beep berulang-ulang pada saat pc/laptop dinyalakan




Ada beberapa faktor penyebab  rusaknya keyboard pada PC/Laptop, al :
  1. Terkena air
  2. Banyaknya debu yang menempel di sela-sela keyboard
  3. Akibat lembabnya ruangan
Cara Mengecek Tombol Keyboard PC/Laptop yang Rusak
Cara Pertama
1.Buka Notepad
2.Setelah itu tekan tombol Shift kiri atau kanan.
3.tekan secara bergantian semua huruf dan angka yang ada pada keyboard (1 s/d 0 dan A s/d Z), tanpa melepaskan tombol SHIFT .
4.jika ada salah satu huruf atau angka yang tidak ada, berarti tombolnya rusak.


Cara Kedua Menggunakan Software
Untuk mengecek keyboard pc/laptop apa masih berfungsi dengan baik atau tidak dapat digunakan software yang bernama PassMark KeyboardTest,  dengan software ini kita  bisa cepat memeriksa semua tombol pada keyboard pc/laptop, periksa keyboard LED, lihat scan codes internal yang dihasilkan oleh keyboard dan mengukur kecepatan mengetik.

Pada waktu aplikasi ini untuk menguji keyboard rusak,  tombol yang rusak pada saat ditekan akan menampilkan warna merah dan tombol yang masih normal menampilkan warna hijau, dan untuk tombol yang melengket  pada saat kita tekan satu tombol maka yang lainnya juga ikut tertekan, dapat dilihat pada aplikasinya.
Aplikasi ini harus kita download terlebih dahulu dan kemudian di install di pc/laptop.  Jika sudah terinstal  di pc/laptop buka aplikasinya kemudian pilih type keyboard yang kita  gunakan lalu tekan satu persatu tombol keyboardnya dan lihat warna keyboard pada aplikasi tersebut.


Cara Memperbaiki Tombol Keyboard PC/Laptop yang Rusak
Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard pc/laptop adalah salah satu tombol keyboard ada yang tidak berfungsi atau malahan keyboard pc/laptop yang rusak itu bergerak sendiri seperti ada yang menekannya.
Hal tersebut terjadi dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Cara memperbaiki Keyboard  PC/Laptop:
  1. Siapkan cutter yang masih ujungnya masih runcing
  2. Cukil  tombol keyboard yang rusak dengan menggunakan cutter, dan ambil karet yg ada di bawahnya.
  3. Dibawah karet ada dua  lapisan karbon yang  berbentuk lingkaran. Gores dengan cutter sepertiga lingkaran dari lapisan karbon tersebut.
  4.  Bersihkan diantara kedua lapisan karbon, dengan cara menggesek-gesekan cutter di lapisan karbon  tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. Jika terlalu keras lapisan karbon akan ikut hilang.
  5. Pasang  kembali karet dan tombol keyboardnya. Jika suadah beres keyboard siap dicob
Untuk memperpanjang usia keyboard dapat kita lakukan perawatan, antara lain :
  • Bersihkan keyboard dengan cairan khusus untuk komputer setiap satu bulan sampai sampai tiga bulan sekali.
  • Kuas dan bersihkan dari debu yang menebal disela-sela tombol yang nantinya akan menutupi jalur penekanan tombol  dengan vacum cleaner dan kuas lembut.
  • Jangan meletakkan benda cair dekat dengan keyboard
  • Biasakan sehabis memakai PC tutup kembali cover PC agar dapat melindungi dari debu yang masuk.

Postingan populer dari blog ini

Gaya Magnetik di Antara Dua Kawat Sejajar Berarus

Di sekitar kawat berarus timbul induksi magnet. Apa yang akan terjadi jika kawat berarus lain didekatkan  kawat pertama? Keadaan ini berarti ada dua kawat   sejajar. Kawat kedua berada dalam induksi magnet kawat pertama, sehingga akan terjadi gaya Lorentz. Begitu juga pada kawat kedua akan menimbulkan gaya Lorentz pada kawat pertama. Gaya itu sama besar dan memenuhi persamaan berikut.       CONTOH 5.5 Diketahui dua buah kawat sejajar dialiri arus I 1 = 10 A dan I 2 = 20 A dengan arah berlawanan dan berjarak 10 cm. Tentukan gaya Lorentz yang dirasakan oleh kawat I 2 sepanjang 20 cm karena pengaruh I 1 ! Penyelesaian I1 =  10 A I2 =  20 A a  =  10 cm l = 20 cm = 0,2 m Gaya Lorentz I 2 oleh I 1 adalah : F = 4.10 -4 . 0,2 = 0,8 .10 -4 N LATIHAN 5.5 Dua kawat sejajar lurus panjang berjarak 20 cm satu sama lain. Kedua kawat dialiri arus masing-masing I 1 = 10A dan I 2 = 20 A dengan arah berlawanan. Tentukan arah dan besar gaya Lorentz yang di

Transformasi Lorentz (relativitas Kecepatan)

Pada transformasi Galileo telah dikemukakan bahwa selang waktu pengamatan terhadap suatu peristiwa yang diamati oleh pengamat yang diam dengan pengamat yang relatif bergerak terhadap peristiwa adalah sama ( t = t’ ) . Hal inilah yang menurut Einstein tidak benar, selang waktu pengamatan antara pengamat yang diam dan pengamat yang bergerak relatif adalah tidak sama ( t ≠ t’ ) . Transformasi Lorentz pertama kali dikemukaan oleh Hendrik A. Lorentz, seorang fisikawan dari Belanda   pada tahun 1895. Karena waktu pengamatan oleh pengamat yang diam pada kerangka acuan S dan pengamat yang bergerak pada kerangka acuan S’ hubungan transformasi pada Galileo haruslah mengandung suatu tetapan pengali   yang disebut tetapan transformasi.   Sehingga persamaan yang menyatakan hubungan antara koordinat pada kerangka acuan S dan S’ dituliskan sebagai berikut : Transformasi Lorentz          x’ =   ϒ (x – v.t), y’ = y, z’ = z    dan    t’ ≠ t                   .... (9.6) Kebali

Listrik Dinamis

LINK FISIKA || HOME || ARUS LISTRIK || BEDA POTENSIAL || HUKUM OHM || HAMBATAN LISTRIK || HUKUM KIRCHOFF || RANGKAIAN HAMBATAN || DAYA LISTRIK || PENGHEMATAN ENERGI ||