Senin, 26 Desember 2016

Gaya Magnetik di Antara Dua Kawat Sejajar Berarus

Di sekitar kawat berarus timbul induksi magnet. Apa yang akan terjadi jika kawat berarus lain didekatkan kawat pertama? Keadaan ini berarti ada dua kawat  sejajar. Kawat kedua berada dalam induksi magnet kawat pertama, sehingga akan terjadi gaya Lorentz. Begitu juga pada kawat kedua akan menimbulkan gaya Lorentz pada kawat pertama. Gaya itu sama besar dan memenuhi persamaan berikut.



     

CONTOH 5.5
Diketahui dua buah kawat sejajar dialiri arus I1 = 10 A dan I2 = 20 A dengan arah berlawanan dan berjarak 10 cm. Tentukan gaya Lorentz yang dirasakan oleh kawat I2 sepanjang 20 cm karena pengaruh I1 !
Penyelesaian
I1 =  10 A
I2 =  20 A
a  =  10 cm
l = 20 cm = 0,2 m
Gaya Lorentz I2 oleh I1 adalah :

F = 4.10-4 . 0,2 = 0,8 .10-4 N

LATIHAN 5.5
  • Dua kawat sejajar lurus panjang berjarak 20 cm satu sama lain. Kedua kawat dialiri arus masing-masing I1 = 10A dan I2 = 20 A dengan arah berlawanan. Tentukan arah dan besar gaya Lorentz yang dialami kawat I2 sepanjang 50 cm!
  • Pada dua buah kawat sejajar yang masing-masing dialiri arus listrik yang sama besar, timbul gaya yang besarnya 2.10-7 N/m. Jarak antara kedua kawat itu 1 meter. Berapakah besar arus dalam setiap kawat tersebut ?
  • Pada gambar di bawah terlukis bahwa kawat panjang lurus pq dilalui arus listrik sebesar I1 = 10 A dan kawat empat persegi panjang abcd dilalui arus I2  = 5 A. Berapakah resultan gaya yang dialami kawat empat persegi panjang abcd ?



            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Latihan Ujian

Ujian Sekolah (US) adalah   kegiatan   pengukuran   pencapaian   kompetensi peserta   didik   yang   dilakukan   oleh   satuan   pendidikan...