Minggu, 26 November 2017

PENILAIAN OLEH PENDIDIK DAN SATUAN PENDIDIKAN


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian di SMA, sekolah harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan yaitu kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakansebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas:
1. penilaian hasil belajar oleh pendidik;
2. penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan
3. penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
Ketiga penilaian tersebut dirangkum dalam tabel berikut.

Tabel 3.1. Penilaian oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah untuk SMA

Keterangan:
*) dilakukan pada rapat penentuan kenaikan kelas dan kelulusan

Penilaian oleh Pendidik
Penilaian hasil belajar oleh pendidik  adalah proses  pengumpulan informasi/data tentang  capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara terencana dan  sistematis.  Penilaian hasil belajar oleh pendidik  di SMA dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam bentuk penilaian harian dan dapat juga dilakukan penilaian tengah semester.  Penilaian  tengah semester merupakan penilaian yang dilakukan oleh pendidik yang cakupan materinya terdiri atas beberapa KD dan pelaksanaannya tidak dikoordinasikan oleh satuan pendidikan. Penilaian harian dapat berupa ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan yang digunakan untuk:
1.  mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik;
2.  menetapkan program perbaikan atau pengayaan  berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi;
3.  memperbaiki proses pembelajaran; dan
4.  menyusun laporan kemajuan hasil belajar.

Laporan penilaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat (sangat baik, baik, cukup, atau kurang) dan dilengkapi dengan deskripsi. Laporan penilaian pengetahuan dan keterampilan berupa angka (0-100), predikat (A, B, C, atau D), dan deskripsi.

Penilaian oleh Satuan Pendidikan
Penilaian hasil belajar oleh satuan  pendidikan adalah proses  pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, bertujuan untuk menilai pencapaian Standar Kompetensi Lulusan untuk semua mata pelajaran, dalam bentuk penilaian akhir dan ujiansekolah.
Penilaian akhir yang dimaksud adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester dan/atau akhir tahun, sedangkan ujian sekolahadalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan. Ujian sekolah digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam penentuan kelulusan  peserta didik dari satuan pendidikan.  Cakupan penilaian Akhir Semester adalah seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester ganjil, sedangakan cakupan materi pada penilaian Akhir Tahun adalah seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester ganjil dan semester genap pada tingkatan kelas yang sama. Hasil penilaian Akhir Tahun tidak mempengaruhi dan/mengubah penilaian pada penilaian semester ganjil.
Hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan digunakan untuk melakukan perbaikan dan/atau penjaminan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Dalam rangka perbaikan dan/atau penjaminan mutu pendidikan, satuan pendidikan menetapkan kriteria ketuntasan minimal, kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan dari satuan pendidikan. Semua kriteria ini harus dituangkan dalam dokumen KTSP.