Langsung ke konten utama

Info Hasil Pelatihan Kurikulum 2013 Tahun 2016.



A. Berikut ini  adalah hasil pelatihan Guru Sasaran kurikulum 2013 pada tahun 2016 :
  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tp tetap Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sdh ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Ki tetap dicantumkankan dlm penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 kd, maka yg diambil adl nilai yg tertinggi. Penghitungan nilai keterampilan dalam 1 kd ditotal (praktik, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. Pendekatan scientific 5M bukan lah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunan nya tidak harus berurutan
  5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester utk semester 1 dan penilaian akhir tahun utk semester 2. Dan sudah tdk ada lagi uts langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yg kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remed inial adalah nilai yg dicantumkan dalam hasil.

B. Materi dalam pelatihan kepada guru sasaran kurikulum 2013 pada tahun 2016 :
001. Permendikbud Kurikulum SMA
I. Undang-Undang
01. UU Sisdiknas No 20 tahun 2003
II. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia
01. PP No. 19 Tahun 2005 - Standar Nasional Pendidikan
02. PP No. 32 Tahun 2013 - Perubahan PP No. 19 Tahun 2005

III. Peraturan Menteri Pendidikan
1 a. Permendikbud No. 54 tahun 2013 – SKL
1 b. Lampiran Permendikbud No. 54 Th. 2013 – SKL
2 a. Permendikbud No. 64 Th. 2013 - Standar Isi
2 b. Lampiran Permendikbud No. 64 Th. 2013 - Standar Isi
3 a. Permendikbud No. 65 th 2013 - Standar Proses
3 b. Lampiran Permendikbud No. 65 th 2013 - Standar Proses
4 a. Permendikbud No. 69 Th. 2013 - Kerangka Das. & Struk. Kur SMA-MA
4 b. Kompetensi Dasar SMA 2013
5 a. Permendikbud No. 66 Th. 2013 - Standar Penilaian
5 b. Lampiran Permendikbud No. 66 Th. 2013 - Standar Penilaian
6 a. Permendikbud No. 81A Th. 2013 - Implementasi Kurikulum
6 b. Permendikbud No. 81A Th. 2013 - Lamp. I Pedoman Peng. KTSP
6 c. Permendikbud No. 81A Th. 2013 - Lamp. II Pedoman Peng. Mulok
6 d. Permendikbud No. 81A Th. 2013 - Lamp. III Pedoman-kegiatan-ekstrakurikuler
6 e. Permemdikbud No. 81A Th. 2013 -Lamp. IV Pedoman-umum-pembelajaran
6 f. Pedoman No. 81A Th. 2013 -Lamp. V-Pedoman-evaluasi-kurikulum(1)
7. Permendikbud No. 34 Th. 2014 - Pembelian Buku K13
8. Permendikbud No. 51 Th. 2014- Buku Teks Pel. dan Buku Pand. Guru
9 a. Permendikbud No. 59 Th. 2014 - Kurikulum 2013 SMA
9 b. Lampiran I Permendikbud K13 No. 59 Th 2014_a
9 c. Lampiran I Permendikbud K13 No. 59 Th 2014_b
9 d. Lampiran I Permendikbud K13 No. 59 Th 2014_c
10 a. Permendikbud No. 61 Th. 2014 - KTSP pada Dikdasmen
10 b. Lampiran Permendikbud No. 61 Th. 2014 - KTSP pada Dikdasmen
11 a. Permendikbud Ekstrakurikuler No. 62 Th. 2014
11 b. Lampiran Permendikbud No. 62 Th. 2014 - Ekstrakurikuler
12 a. Permendikbud No. 63 Tahun 2014 - Kepramukaan
12 b. Lampiran I Permendikbud No. 63 Th. 2014 - Kepramukaan
12 c. Lampiran II Permendikbud No. 63 Th. 2014 - Kepramukaan
13. Permendikbud No. 64 Tahun 2014 - Peminatan
14. Permendikbud No. 65 Tahun 2014 - Buku Teks Pelaj. Pand. Guru Kel. Peminatan
15. Permendikbud No. 68 Tahun 2014 - Peran Guru TIK dan KKPI
16. Permendikbud No. 79 Tahun 2014 - Muatan Lokal Kurikulum 2013
17 a. Permendikbud No. 103 Th. 2014 - Pemb. pd Dikdasmen
17 b. Lampiran Permendikbud No. 103 Th. 2014 - Pemb. pd Dikdasmen
18 a. Permendikbud No. 104 Th. 2014 - Penilaian
18 b. Lampiran Permendikbud No. 104 Th. 2014 - Penilaian
19 a. Permendikbud No. 105 Th. 2014 – Pendampingan
19 b. Lampiran Permendikbud No. 105 Th. 2014 - Pendampingan
20. Permendikbud No. 111 Th. 2014 - BK pada Dikdasmen
21. Permendikbud No. 144 Tahun 2014 - Kriteria Kelulusan Peserta Didik
22. Permendikbud No. 158 Tahun 2014 - Penyelenggaraan SKS
23. Permendikbud No. 159 Th. 2014 - Evaluasi Kurikulum
24. Permendikbud No. 160 Th. 2014 - Pemberlakuan Kur-2006 dan Kur-2013
25. Permendikbud No. 53 Th. 2015 - Penilaian Hasil Belajar
26. Permendikbud No. 23 Th. 2015 - Penumbuhan Budi Pekerti

IV. Surat Edaran
01. SE Mendikbud No. 156928 Tahun 2013 - Implementasi Kurikulum 2013
02. SE_Mendikbud dan Mendagri No. 0258 Tahun 2014 - Implementasi Kurikulum 2013
03. SE Dirjen No. 4032 Tahun 2014 - Peminatan Bhs & Budya
04. SE Dirjen No. 6398 Tahun 2014 - Program Akselerasi Dikdasmen
SK BALITBANG K13
Lampiran I Kepmen satuan pendidikan pelaksana kurikulum 2013-7 April 2015
Lampiran II Kepmen satuan pendidikan pelaksana kurikulum 2013-7 April 2015
Lampiran III Kepmen satuan pendidikan pelaksana kurikulum 2013
SK Kepbalitbang penetapan sekolah
002. Modul Materi Umum
1.1 Pembelajaran Aktif
Cover Pembelajaran Aktif 22x29.7
Pembelajaran Aktif
1.2 Penumbuhan Budi Pekerti
Cover Penumbuhan Budi Pekerti 22x29.7cm
Penumbuhan Budi Pekerti
1.3 Dinamika Perkembangan Kurikulum
Cover Dinamika Perkembangan 22x29.7cm
Dinamika Perkembangan Kurikulum
1.4 Penguatan Literasi
Cover Penguatan Literasi dalam Pembelajaran 22x29.7cm
Penguatan Literasi dalam Pembelajaran
1.5 Kemitraan Sekolah
Cover Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat 22x29.7cm
Kemitraan Sekolah dengan Keluarga dan Masyarakat
1.6 Pelatihan dan Pendampingan Berbasis Sekolah
01. Pel. dan Pend. Berbasis Sek
Cover Materi Peny. Pel. dan Pendampingan
Penyelenggaraan Pelatihan dan Pendampingan
02. Peny. Pel. & Pendampingan di SMA
Peny. Pelat. dan Pendamp. Kur. SMA
003. Modul Materi Pokok
01. Pendidikan Agama  dan Budi Pekerti
02. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
03. Bahasa dan sastra Indonesia
04. Matematika
015. Matematika (Peminatan)
SMA - Materi Pokok - Matematika (Peminatan) 22x29.7cm
05. Sejarah Indonesia
06. Bahasa dan sastra Inggris
07. Seni Budaya
012. Seni Budaya
SMA - Materi Pokok - Seni Budaya 22x29.7cm
08. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
09. Prakarya dan Kewirausahaan
10. Biologi
11. Fisika
017. Fisika
SMA - Materi Pokok - Fisika 22x29.7cm
12. Kimia
018. Kimia
SMA - Materi Pokok - Kimia 22x29.7cm
13. Geografi
14. Sosiologi
022. Sosiologi
SMA - Materi Pokok - Sosiologi 22x29.7cm
15. Ekonomi
16. Bahasa Perancis
004. Lembar Kerja (LK)
Lembar Kerja Pelatihan Kurikulum SMA
005. Draft Silabus, KI dan KD
01. Pendidikan Agama  dan Budi Pekerti
02. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
03. Bahasa Indonesia
 Bahasa dan sastra Indonesia
04. Matematika wajib
 Matematika peminatan
05. Sejarah Indonesia
 Sejarah
06. Bahasa Inggris
 Bahasa dan sastra Inggris
07. Seni Budaya
08. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
09. Prakarya dan Kewirausahaan
10. Muatan Lokal
11. Biologi
12. Fisika
13. Kimia
14. Geografi
15. Sosiologi
16. Ekonomi
17. Bahasa Perancis
006. Panduan Penilaian
Kata Pengantar Dirjen
Panduan Penilaian Untuk Sma
Surat Direktur
007. Video Pembelajaran
01. Pendidikan Agama  dan Budi Pekerti
02. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
03. Bahasa Indonesia
 Bahasa dan sastra Indonesia
04. Matematika wajib
 Matematika peminatan
05. Sejarah Indonesia
 Sejarah
06. Bahasa Inggris
 Bahasa dan sastra Inggris
07. Seni Budaya
08. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
09. Prakarya dan Kewirausahaan
10. Muatan Lokal
11. Biologi
12. Fisika
13. Kimia
14. Geografi
15. Sosiologi
16. Ekonomi
17. Bahasa Perancis
008. Media Pembelajaran
01. Pendidikan Agama  dan Budi Pekerti
02. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
03. Bahasa Indonesia
 Bahasa dan sastra Indonesia
04. Matematika wajib
 Matematika peminatan
05. Sejarah Indonesia
 Sejarah
06. Bahasa Inggris
 Bahasa dan sastra Inggris
07. Seni Budaya
08. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
09. Prakarya dan Kewirausahaan
10. Muatan Lokal
11. Biologi
12. Fisika
13. Kimia
14. Geografi
15. Sosiologi
16. Ekonomi
17. Bahasa Perancis
009. Referensi Gerakan Literasi Sekolah
Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah_24032016
Panduan Gls Sma 24032016
Gerakan Literasi Sekolah - Dit. PSMA
010. Slide Presentasi
Materi Pokok
Kompetensi, Pembelajaran dan Penilaian
Lembar Kerja Materi Pokok Pelatihan Kur SMA-Master,  060416
Materi Umum
1.1. Pembelajaran Aktif
1.2. Penumbuhan Budi Pekerti
1.3. Dinamika Perkembangan Kurikulum
1.4. Gerakan Literasi Sekolah - Dit. PSMA
1.5. Pendidikan Keluarga
1.6. Penyel. Pel. dan Pendamp. Kur. Berbasis Sekolah

C.  Salah satu hasil Bimtek Kurikulum 2013 revisi yg akan diberlakukan tahun pelajaran baru, Kelengkapan yg seharusnya dimiliki guru adalah BUKU KERJA GURU:
I. BUKU KERJA 1 :
1.     SKL, KI, dan KD
2.     Silabus
3.     RPP
4.     KKM
II. BUKU KERJA 2 :
1.       Kode Etik Guru
2.       Ikrar Guru
3.       Tata Tertib Guru
4.       Pembiasaan Guru
5.       Kalender Pendidikan
6.       Alokasi Waktu
7.       Program Tahunan
8.       Program Semester
9.       Jurnal Agenda Guru
III. BUKU KERJA 3 :
1.       Daftar Hadir
2.       Daftar Nilai
3.       Penilaian Akhlak/Kepr
4.       Analisis Hasil Ulgn
5.       Progpel Perb & Pengy
6.       Dafbuk Peg Guru/Sis
7.       Jadwal Mengajar
8.       Daya Serap Siswa
9.       Kumpulan Kisi soal
10.   Kumpulan Soal
11.   Analisis Butir Soal
12.   Perbaikan Soal
IV. BUKU KERJA 4 :
1.       Daftar Evaluasi Diri Kerja Guru
2.       Program Tindak Lanjut Kerja Guru

Postingan populer dari blog ini

Transformasi Lorentz (relativitas Kecepatan)

Pada transformasi Galileo telah dikemukakan bahwa selang waktu pengamatan terhadap suatu peristiwa yang diamati oleh pengamat yang diam dengan pengamat yang relatif bergerak terhadap peristiwa adalah sama ( t = t’ ) . Hal inilah yang menurut Einstein tidak benar, selang waktu pengamatan antara pengamat yang diam dan pengamat yang bergerak relatif adalah tidak sama ( t ≠ t’ ) . Transformasi Lorentz pertama kali dikemukaan oleh Hendrik A. Lorentz, seorang fisikawan dari Belanda   pada tahun 1895. Karena waktu pengamatan oleh pengamat yang diam pada kerangka acuan S dan pengamat yang bergerak pada kerangka acuan S’ hubungan transformasi pada Galileo haruslah mengandung suatu tetapan pengali   yang disebut tetapan transformasi.   Sehingga persamaan yang menyatakan hubungan antara koordinat pada kerangka acuan S dan S’ dituliskan sebagai berikut : Transformasi Lorentz          x’ =   ϒ (x – v.t), y’ = y, z’ = z    dan    t’ ≠ t                   .... (9.6) Kebali

Gaya Pemulih pada Pegas

1.   Gaya Pemulih   Gaya pemulih dimiliki oleh setiap benda elastis yang terkena gaya sehingga benda elastis tersebut berubah bentuk. Gaya yang timbul pada benda elastis untuk menarik kembali benda yang melekat padanya disebut gaya pemulih. Akibat gaya pemulih tersebut, benda akan melakukan gerak harmonik sederhana. Dengan demikian, pada benda yang melakukan gerak harmonik sederhana bekerja gaya pemulih yang selalu mengarah pada titik kesetimbangan benda. a. Gaya Pemulih pada Pegas Pegas adalah salah satu contoh benda elastis. Oleh karena sifat elastisnya ini, suatu pegas yang diberi gaya tekan atau gaya regang akan kembali ke keadaan setimbangnya mula-mula apabila gaya yang bekerja padanya dihilangkan. Perhatikan gambar, anggap mula-mula benda berada pada posisi y = 0 sehingga pegas tidak tertekan atau teregang. Posisi seperti ini dinamakan posisi keseimbangan. Ketika benda ditekan ke bawah (y = –) pegas akan menarik benda ke atas, menuju posisi keseimbangan. Sebaliknya jik

Teori Kuantum Planck

Perkembangan teori tentang radiasi mengalami perubahan besar  pada saat Planck menyampaikan teorinya tentang radiasi benda hitam. Planck mulai bekerja pada tahun 1900. Planck mulai  mempelajari sifat dasar dari getaran molekul-molekul pada dinding rongga benda hitam. Dari hasil pengamatannya Planck membuat simpulan sebagai berikut. Setiap benda yang mengalami radiasi akan memancarkan energinya secara diskontinu (diskrit) berupa paket-paket energi. Paket-paket energi ini dinamakan kuanta (sekarang dikenal sebagai foton) . Energi setiap foton sebanding dengan frekuensi gelombang radiasi dan dapat dituliskan : E = h f                     dengan  :  E  =  energi foton (joule)                   f   =  frekuensi foton (Hz)                   h  =  tetapan Planck (h = 6,6.10 -34 Js) Jika suatu gelombang elektromegnetik seperti cahaya memiliki banyak foton maka energinya memenuhi hubungan berikut.         E = nhf Persamaan yang sangat berkaitan dengan hubungan di atas adal