Pengertian
Penilaian keterampilan adalah
penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik terhadap
kompetensi dasar pada KI-4. Penilaian keterampilan menuntut peserta didik
mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu. Penilaian ini dimaksudkan untuk
mengetahui apakah pengetahuan yang sudah dikuasai peserta didik dapat digunakan
untuk mengenal dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sesungguhnya (real life). Ketuntasan belajar untuk
keterampilan ditentukan oleh satuan pendidikan, secara bertahap satuan
pendidikan terus meningkatkan kriteria ketuntasan belajar dengan
mempertimbangkan potensi dan karakteristik masing-masing satuan pendidikan
sebagai bentuk peningkatan kualitas hasil belajar.
Teknik Penilaian
Keterampilan
Penilaian keterampilan dapat
dilakukan dengan berbagai teknik antara lain penilaian praktik/kinerja, proyek,
dan portofolio. Teknik penilaian lain dapat digunakan sesuai dengan
karakteristik KD pada KI-4 pada mata pelajaran yang akan diukur. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau
skala penilaian (rating scale) yang
dilengkapi rubrik.
Skema penilaian
keterampilan dapat dilihat pada gambar berikut.