Seusai melaksanakan Workshop Sekolah
Model dan Workshop SPMI di 16 Sekolah setiap kabupaten sekolah, maka langkah
selanjutnya adalah pendampingan Pelaksanaan di Sekolah Model. Untuk Panduan
Pelaksanaan bisa di download pada link final-panduan-pelaksanaan-pendampingan-spmi
Setelah baca-baca Panduan
Pelaksanaan Pendampingan SPMI, ada beberapa hal pokok yang sangat penting
dilakukan oleh para Pendamping (Fasilitator Nasioanal,Fasilitator daerah dan
Istilah sejenisnya yang terlibat) dan Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah
yaitu:
1.
Reviu Paska Pelatihan
Kegiatan
1
Tujuan :
Sekolah dapat menindaklanjuti hasil
yang didapatkan selama pelatihan SPMI.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Melakukan reviu terhadap pemahaman terkait SPMI.
- Melakukan reviu rencana tindak lanjut paska pelatihan yang dibuat oleh sekolah.
Rencana tindak lanjut didalamnya
termuat hal-hal berikut:
(1) Pembentukan TPMPS
(2) Sosialisasi SPMI
(3) Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
(4) Perencanaan Pemenuhan Mutu
(5) Pelaksanaan Pemenuhan Mutu
(6) Evaluasi/Monitoring Pemenuhan Mutu
Pendamping mengajak sekolah mendetailkan rencana dengan menanyakan apa yang telah dan akan dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang akan dilibatkan dan bagaimana melakukannya terkait 6 (enam) hal diatas.
(1) Pembentukan TPMPS
(2) Sosialisasi SPMI
(3) Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
(4) Perencanaan Pemenuhan Mutu
(5) Pelaksanaan Pemenuhan Mutu
(6) Evaluasi/Monitoring Pemenuhan Mutu
Pendamping mengajak sekolah mendetailkan rencana dengan menanyakan apa yang telah dan akan dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang akan dilibatkan dan bagaimana melakukannya terkait 6 (enam) hal diatas.
- Mengajak sekolah menyepakati bersama dan berkomitmen untuk menjalankan kesepakatan hasil reviu.
Kegiatan ini bermanfaat bagi
pendamping untuk memahami lebih dalam terkait kondisi awal tingkat pemahaman,
kemampuan dan komitmen sekolah dalam pelaksanaan SPMI di sekolah sehingga
pendamping dapat menentukan metode apa yang sesuai dengan kondisi sekolah yang
didampingi.
Tujuan :
Sekolah dapat menindaklanjuti hasil yang didapatkan selama pelatihan SPMI.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
Sekolah dapat menindaklanjuti hasil yang didapatkan selama pelatihan SPMI.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Melakukan reviu terhadap pemahaman terkait SPMI.
- Melakukan reviu rencana tindak lanjut paska pelatihan yang dibuat oleh sekolah.
Rencana tindak lanjut didalamnya
termuat hal-hal berikut:
1) Pembentukan TPMPS
2) Sosialisasi SPMI
3) Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
4) Perencanaan Pemenuhan Mutu
5) Pelaksanaan Pemenuhan Mutu
6) Evaluasi/Monitoring Pemenuhan
Mutu
Pendamping mengajak sekolah
mendetailkan rencana dengan menanyakan apa yang telah dan akan dilakukan, kapan
dilakukan, siapa yang akan dilibatkan dan bagaimana melakukannya terkait 6
(enam) hal diatas.
- Mengajak sekolah menyepakati bersama dan berkomitmen untuk menjalankan kesepakatan hasil reviu.
Kegiatan ini bermanfaat bagi
pendamping untuk memahami lebih dalam terkait kondisi awal tingkat pemahaman,
kemampuan dan komitmen sekolah dalam pelaksanaan SPMI di sekolah sehingga
pendamping dapat menentukan metode apa yang sesuai dengan kondisi sekolah yang
didampingi.
Luaran :
- Lembar refleksi terhadap hasil pelatihan
- Rencana Tindak Lanjut yang telah direviu
Kegiatan
2
Tujuan :
Sekolah dapat melakukan pembentukan
TPMPS untuk mengawal SPMI.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Menggali kesadaran sekolah akan perlunya organisasi yang mengawal SPMI.
- Mengarahkan pembentukan TPMPS.
Pembentukan TPMPS harus memperhatikan
hal-hal berikut:
- Keanggotaan tim terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, Komite.
- Struktur organisasi minimal terdiri dari ketua tim, pengembang sekolah dan evaluator internal.
b) melakukan pembinaan,
pembimbingan, pendampingan, dan supervisi terhadap pelaku pendidikan dalam
pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan;
c) melaksanakan pemetaan mutu
pendidikan berdasarkan data mutu pendidikan;
d) melakukan monitoring dan evaluasi
proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan; dan
e) memberikan rekomendasi strategi
pemenuhan mutu berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi kepada kepala Rincian
tugas tersebut terdistribusi ke anggota.
- Penyediaan sumber daya untuk keberlangsungan tim
- Membahas kendala, masalah dan solusi yang timbul dari kegiatan pembentukan TPMPS.
- Melakukan reviu terkait bagaimana keterlibatan TPMS dalam pelaksanaan SPMI dan koordinasi pendampingan.
Luaran :
- Surat Keputusan Pembentukan TPMPS
- Struktur Organisasi TPMPS
- Jurnal Kegiatan TPMPS
2.
Reviu Pelaksanaan Sosialisasi SPMI
Tujuan :
Sekolah dapat menyosialisasikan SPMI kepada pemangku kepentingan.
Sosialisasi SPMI tidak mengharuskan adanya kehadiran pendamping saat acara berlangsung. Hal ini untuk menumbuhkan kemandirian, kepercayaan diri, kerjasama, pemahaman, kemampuan dan komitmen sekolah dalam pelaksanaan SPMI.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
Sekolah dapat menyosialisasikan SPMI kepada pemangku kepentingan.
Sosialisasi SPMI tidak mengharuskan adanya kehadiran pendamping saat acara berlangsung. Hal ini untuk menumbuhkan kemandirian, kepercayaan diri, kerjasama, pemahaman, kemampuan dan komitmen sekolah dalam pelaksanaan SPMI.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Menggali esensi pelaksanaan sosialisasi
- Membahas pelaksanaan sosialisasi SPMI.
Pelaksanaan sosialisasi SPMI
melibatkan berbagai macam pihak diantaranya:
(1) Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
(2) Seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan
(3) Pengawas Sekolah
(4) Pejabat Pemerintah Daerah
(5) Orang tua siswa
(6) Komite Sekolah
(7) Dunia usaha dan dunia industri (DUDI)
(8) Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama
(1) Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
(2) Seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan
(3) Pengawas Sekolah
(4) Pejabat Pemerintah Daerah
(5) Orang tua siswa
(6) Komite Sekolah
(7) Dunia usaha dan dunia industri (DUDI)
(8) Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama
- Melakukan reviu dan refleksi pelaksanaan sosialisasi spmi terkait kendala, masalah, solusi, manfaat serta tanggapan pemangku kepemangku kepentingan yang terlibat terhadap pelaksanaan
- Memberikan masukan dan saran terhadap hasil pelaksanaan sosialisasi SPMI oleh sekolah kepada pemangku kepentingan sekolah.
- Memperbarui rencana tindak lanjut (jika diperlukan) yang telah disusun pada kegiatan pendampingan sebelumnya
Luaran :
a. Dokumentasi pelaksanaan sosialisasi
b. Lembar refleksi terhadap pelaksanaan sosialisasi
c. Rencana Tindak Lanjut yang telah direviu dan diperbarui
a. Dokumentasi pelaksanaan sosialisasi
b. Lembar refleksi terhadap pelaksanaan sosialisasi
c. Rencana Tindak Lanjut yang telah direviu dan diperbarui
3.
Pendampingan Pemetaan Mutu
Tujuan :
- Sekolah terampil melakukan EDS dan memiliki profil mutu berdasarkan SNP.
- Sekolah terampil membuat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity and Threat – Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman) yang berisi potensi keunggulan berikut faktor-faktor penghambat baik internal maupun eksternal sekolah
- Sekolah mampu mengidentifikasi akar permasalahan dalam
pemenuhan SNP.
Kegiatan ini harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan internal dan eksternal sekolah.
Tugas yang perlu dilakukan oleh
pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Merefleksi pemahaman sekolah terkait tujuan EDS dan kegunaan profil mutu sekolah.
- Menggali pemahaman terhdap indikator-indikator dalam SNP
- Mengajak sekolah menentukan indikator mutu berdasarkan SNP
- Membahas kendala, masalah dan solusi dalam penentuan indikator SNP
- Mengajak sekolah menyusun atau memilih instrumen EDS yang sesuai dengan indikator dalam SNP yang telah ditentukan sebelumnya
- Memastikan sekolah menggunakan sumber data EDS yang tepat.
- Membantu sekolah dalam memilih teknik pengumpulan data EDS yang tepat.
- Meminta sekolah menyusun gambaran kondisi sekolah sesuai indikator dan data yang terkumpul
- Memastikan pemahaman sekolah telah memahami analisis SWOT.
- Membimbing sekolah melakukan analisis SWOT
- Membahas hasil analisis SWOT dan interpretasinya
- Mengajak sekolah mengidentifikasikan masalah yang muncul dari analisis SWOT.
- Membimbing sekolah dalam menentukan akar permasalahan dari setiap masalah utama yang ditemukan.
- Meminta sekolah menyusun dokuman hasil pemetaan mutu
Luaran :
Dokumen pemetaan mutu yang memuat
- Indikator mutu
b. Kondisi mutu sekolah
c. Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman - Permasalahan yang ditemukan
e. Akar permasalahan yang teridentifikasi
4.
Pendampingan Penyusunan Rencana Pemenuhan Mutu
Tujuan :
- Sekolah dapat menindaklanjuti hasil EDS untuk pemenuhan SNP.
- Sekolah terampil melakukan perencanaan untuk mengatasi
permasalah sesuai dengan skala prioritas
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Mendampingi sekolah dalam melakukan revisi RKAS jika memungkinkan atau menginventaris kegiatan untuk penyusunan RKAS tahun m Usulan program dan/atau kegiatan sebagai bahan penyusunan RKAS tahun berikutnya dipilih berdasarkan tingkat kemungkinan untuk dilaksanakan.
- Membahas bersama untuk mengidentifikasi revisi program dan/atau kegiatan dalam RKAS yang sudah ada.
- Mendampingi sekolah dalam melakukan kajian RKAS yang ada disekolah berdasarkan hasil pemetaan dan perencanaan.
- Mendampingi sekolah dalam mengidentifikasi penanggung jawab, sasaran dan pihak yang terlibat dalam setiap kegiatan.
- Mendampingi sekolah dalam menetapkan target output setiap program dan kegiatan yang direncanakan sekolah
- Mendampingi sekolah dalam menentukan indikator keberhasilan program dan kegiatan yang direncanakan sekolah
- Mendampingi sekolah dalam merencanakan program dan kegiatan yang relevan untuk menyelesaikan permasalahan
- Memberi arahan sekolah untuk menyusun skala prioritas permasalahan yang akan diselesaikan. Penentuan skala prioritas penanganan masalah dilakukan dengan mem-pertimbangkan ketersediaan sumberdaya dan tingkat kepentingan.
- Membahas kendala, permasalahan dan solusi dalam melakukan perencanaan pemenuhan mutu.
- Meminta sekolah menyusun dokumen perencanaan berdasarkan kesepakatan selama kegiatan ini.
Luaran :
- Dokumen rencana pemenuhan yang memuat program, kegiatan, sasaran, penang-gungjawab, indikator keberhasilan, pihak yang terlibat dan target yang akan dicapai.
- Hasil revisi dan usulan RKAS
5.
Pendampingan Pelaksanaan Pemenuhan Mutu
Tujuan :
- Sekolah terampil melaksanakan pemenuhan mutu dalam bidang manajemen sesuai dengan perencanaan/RKAS.
- Sekolah terampil dalam melaksanakan pemenuhan mutu dalam bidang akademik sesuai dengan perencanaan/RKAS.
Tugas yang perlu dilakukan oleh
pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Mengajak mereviu kesesuaian pelaksanaan program/kegiatan yang sudah dilakukan dengan perencanaan yang sudah dibuat baik dari aspek jadwal, biaya dan proses.
- Mengajak membahas pencapaian indikator mutu yang sesuai kegiatan yang sedang dilaksanakan
- Membahas pelaksanaan pemenuhan mutu terkait:
- Bedah, penyusunan dan perbaikan dokumen sekolah (KTSP, Silabus dan RPP).
- Pengembangan kompetensi guru.
- Membahas hasil pelaksanaan supervisi pembelajaran/akademik/kelas.
- Pengembangan pembelajaran intra dan ekstra kurikuler.
- Pengembangan strategi proses pembelajaran.
- Pengelolaan sarana-prasarana.
- Pengelolaan keuangan.
- Membahas kendala, masalah dan solusi pelaksanaan kegiatan pemenuhan.
- Mengulas keterlibatan dan peran pemangku kepentingan internal dan eksternal dalam melaksanakan pemenuhan mutu.
- Memastikan sekolah melakukan tindak lanjut hasil temuan evaluasi jika telah dilakukan pemantauan dan evaluasi.
- Mengarahkan sekolah agar menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pemenuhan.
Luaran :
a. Dokumen pelaksanaan pemenuhan
b. Dokumen tindak lanjut evaluasi pelaksanaan
c. Dokumen sekolah (KTSP, Silabus dan RPP) yang diperbaiki
d. Hasil reviu pembahasan kegiatan pemenuhan
a. Dokumen pelaksanaan pemenuhan
b. Dokumen tindak lanjut evaluasi pelaksanaan
c. Dokumen sekolah (KTSP, Silabus dan RPP) yang diperbaiki
d. Hasil reviu pembahasan kegiatan pemenuhan
6.
Pendampingan Evaluasi Pemenuhan Mutu
Tujuan :
Sekolah terampil melakukan evaluasi terhadap pelaksanakan pemenuhan mutu.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
Sekolah terampil melakukan evaluasi terhadap pelaksanakan pemenuhan mutu.
Tugas yang perlu dilakukan oleh pendamping saat mendampingi kegiatan ini adalah:
- Mendampingi TPMPS dalam menyusun instrumen evaluasi pelaksanaan sesuai indikator mutu dan permasalahan yang akan diselesaikan.
- Mendampingi TPMPS menyusun rencana pelaksanaan evaluasi
- Mendampingi TPMPS memantau pelaksanaan evaluasi
- Mendampingi TPMPS merencanakan tindaklanjut hasil evaluasi.
- Mendampingi TPMPS menelaah laporan evaluasi .
Luaran :
Dokumen evaluasi yang memuat:
a. Instrumen evaluasi
b. Rencana pelaksanaan evaluasi
c. Skema pelaksanaan evaluasi
d. Hasil tindak lanjut evaluasi
e. Kesimpulan
a. Instrumen evaluasi
b. Rencana pelaksanaan evaluasi
c. Skema pelaksanaan evaluasi
d. Hasil tindak lanjut evaluasi
e. Kesimpulan
7.
Pelaporan Pendampingan
Penyusunan laporan pendampingan
dilakukan oleh pendamping bersama sekolah. Laporan berisi antara lain latar
belakang, dasar hukum, tujuan, sasaran, pelaksanaan pendampingan dan hasil
pelaksanaan yang berupa lampiran dari setiap kegiatan pendampingan. Laporan
digandakan untuk dikirimkan sebagai pertanggungjawaban kepada lembaga terkait
dan juga sebagai arsip pendamping dan sekolah.
Itulah tujuh hal pokok yang perlu
dilaksanakan dalam pendampingan SPMI di sekolah Model