Grafik (Chart)
biasanya sering digunakan
untuk mengetahui suatu kenaikan
atau enurunan dari angka-angka
yang terjadi pada
suatu data, apakah
data tersebut semakin lama semakin meningkat atau semakin
menurun.
Membuat
grafik adalah salah satu bagian yang cukup penting jika Anda ingin
memvisualisasikan data yang kita buat dengan lebih jelas dan lebih mudah
dicerna. Grafik dapat mengubah angka-angka yang abstrak menjadi sesuatu yang
dapat dipahami secara sekilas.
Jika
kita memiliki data numeric yang berupa banyak sekali angka, pada worksheet
Microsoft Excel, maka dengan memanfaatkan grafik dapat membantu untuk membuat
angka-angka tersebut terlihat lebih mudah dipahami.
Berikut
adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat grafik
dalam Excel.
Sebelum
mulai membuat grafik, yang harus disiapkan pertama kali yaitu data. Anda dapat
memasukkannya secara manual.
Berikut
adalah contoh tabel yang akan digunakan dalam tutorial ini, dimana tabel diisi
dengan banyak data.
Langkah
- langkah dalam membuat grafik column adalah :
1) Terlebih dahulu blok isi data didalam tabel
yang ingin dibuat grafik
2) Klik tab Insert (1), pilih see all chart (2), pilih grafik yang
diinginkan (3) dan kemudian klik OK (4).
3) Tampilan grafik yang terbentuk.
4) Tentukan judul presentasi dengan mengklik
bentuk layout yang diharapkan
5)
grafik akhir yang terbentuk
6)
Jika mencari nilai rata-rata Tarik garis lurus di tengah-tengah titik-titik ( pada gambar 2 titik diatas garis dan 2 titik di bawah garis)
garis rata-rata dengan gradien
Selamat mencoba