Nilai pengetahuan
diperoleh dari hasil
penilaian harian dan
penilaian akhir selama
satu semester untuk mengetahui pencapaian kompetensi pada setiap KD pada
KI-3.
Penilaian harian dapat dilakukan melalui tes
tertulis dan/atau penugasan,
tes lisan sesuai
dengan karakteristik
masing-masing KD. Pelaksanaan
penilaian harian dapat
dilakukan setelah pembelajaran satu KD
atau lebih. Penilaian
harian dapat dilakukan
lebih dari satu
kali untuk KD dengan cakupan materi luas dan komplek sehingga penilaian
harian tidak perlu menunggu pembelajaran KD tersebut selesai. Hasil penilaian
pengetahuan yang dilakukan
oleh pendidik dengan
berbagai teknik penilaian dalam
satu semester direkap dan didokumentasikan pada tabel pengolahan nilai sesuai dengan KD
yang dinilai. Jika
dalam satu KD dilakukan penilaian
lebih dari satu kali maka
nilai akhir KD
tersebut merupakan nilai
rata-rata. Nilai akhir
pencapaian pengetahuan
matapelajaran tersebut diperoleh
dengan cara merata-ratakan hasil pencapaian kompetensi setiap KD selama
satu semester. Nilai akhir selama satu
semester pada rapor ditulis dalam bentuk
angka pada skala 0 – 100 dan predikat, serta dilengkapi dengan deskripsi
singkat kompetensi yang menonjol berdasarkan pencapaian KD selama satu
semester.
Keterangan:
- Jumlah KD dalam satu semester pada tabel tsb terdiri atas 5 KD
- KKM pada MP terssebut adalah 65
- Penilaian harian dilakukan oleh pendidik dengan cakupan meliputi seluruh indikator dari kompetensi dasar
- KD 3.1 dilakukan penilaian sebanyak 2 kali, penilaian KD 3.2 sebanyak 2 kali, penilaian KD 3.3 dilakukan 3 kali, penlaian 3.4 dan 3.5 masing-masing satu kalai.
- Penialain akhir KD pengetahuan dilakukan dengan cara merata-ratakan nilai pada KD yang sama , contoh:
- Nilai rapor menggunakan pembobotan dengan perbandingan 60% rata-rata PH dan 40% PAS sehingga didapat sbb. 60% x77,20 + 40% x80 = 78,20 (dibulatkan menjadi 78)
- Deskripsi berisi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan diambil dari history penilaian harian. Pada nilai diatas yang paling dikuasai Ani adalah KD 3.5 dan yang perlu ditingkatkan pada KD 3.2. Contoh deskripsi: “Memiliki kemampuan menjelaskan dan menentukan fungsi secara formal ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya, namun perlu peningkatan pemahamanmasalah penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel”.
Unduh Penilaian K-13 Terbaru