Penilaian pengetahuan merupakan
penilaian untuk mengukur
kemampuan peserta didik berupa
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif,
serta kecakapan berpikir tingkat
rendah sampai tinggi.
Penilaian ini berkaitan
dengan ketercapaian
Kompetensi Dasar pada
KI-3 yang dilakukan
oleh guru mata
pelajaran.
Penilaian pengetahuan
dilakukan dengan berbagai
teknik penilaian sesuai
dengan karakteristik kompetensi
yang akan dinilai.
Skema penilaian pengetahuan dapat dilihat pada gambar berikut.
Penilaian Pengetahuan oleh
pendidik berupa Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS).
a) Nilai Harian diperoleh dari hasil Tes Tulis,
Tes Lisan, dan Penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu
Kompetensi Dasar (KD) atau lebih. Penilaian harian dapat dilakukan lebih
dari satu kali untuk KD dengan cakupan
materi luas dan
komplek sehingga penilaian
harian tidak perlu menunggu pembelajaran KD tersebut
selesai.
b) Nilai akhir pengetahuan diperoleh dari rerata PH, PTS, dan PAS.
c) Nilai akhir selama
satu semester pada rapor ditulis dalam bentuk angka pada skala 0 – 100 dan predikat serta dilengkapi dengan deskripsi singkat kompetensi yang yang sangat
baik dikuasai oleh
peserta didik dan/atau kompetensi yang masih
perlu ditingkatkan berdasarkan pencapaian KD selama satu
semester. Rentang
nilai dan predikat nilai pengetajuan sebagai berikut:
Tabel 15.
Rentang Nilai
RENTANG NILAI
|
PREDIKAT
|
0 - 64
|
D
|
65 - 74
|
C
|
75 - 89
|
B
|
90 - 100
|
A
|
Hasil penilaian pengetahuan yang dilakukan oleh pendidik dalam satu
semester direkap dan
didokumentasikan pada tabel
pengolahan nilai sesuai dengan KD yang dinilai.
Tabel 16. Hasil penilaian pengetahuan
No.
|
Nama
|
KD
|
Hasil PH
|
Hasil PTS
|
Hasil PAS
|
Nilai Raport
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Rerata (Pembulatan)
|
Kategori
|
Deskripsi
|
|||||
1
|
Ani
|
3.1
|
75
|
68
|
70
|
70
|
71
|
Memiliki kemampuan mendeskripsikan operasi
aritmetika pada fungsi, namun
perlu peningkatan pemahaman masalah
|
|||
3.2
|
60
|
66
|
70
|
70
|
65
|
||||||
3.3
|
86
|
80
|
90
|
80
|
80
|
84
|
|||||
3.4
|
80
|
95
|
95
|
88
|
|||||||
3.5
|
88
|
80
|
80
|
84
|
|||||||
78
|
B
|
||||||||||