Langsung ke konten utama

PERMENDIKBUD NO 53 TAHUN 2015 DISERTI PANDUAN PENILAIANNYA

Adanya Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil  Belajar  Oleh Pendidik   dan  Satuan   Pendidikan Pada   Pendidikan   Dasar   dan Pendidikan   Menengah   ternyata  baik untuk sekolah yang melaksanakan Kuriukulum 2013 mapun sekolah yang   melaksanakan   Kurikulum  2006.   Hal   sesuai   dengan   bunyi   pasal   2 Permendikbud  Nomor   53   Tahun   2015   yang menyatakan   bahwa  Peraturan  Menteri     ini  bertujuan   mengatur    Penilaian   Hasil  Belajar   oleh   Pendidik dan Satuan  Pendidikan pada  Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pelaksanaanKurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Dalam pasal 8 poin c  Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 tentang penilian sikap yang menyatakan bahwa  penilaian  aspek  sikap  dilakukan   melalui  observasi/pengamatan   sebagai    sumber  informasi    utama dan  pelaporannya  menjadi  tanggungjawab  wali  kelas  atau guru kelas. Dalam  pasal   12   Permendikbud  Nomor   53   Tahun   2015     dinyatakan   bahwa Permendikbud   104  Tahun   2014   dinyatakan   tidak   berlaku.   Secara   resmi Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015  berlaku sejak tanggal 15 Desember 2015, (  downlod  )

Kementerian   Pendidikan   dan Kebudayaan   telah   menerbitkan   Peraturan   Menteri Pendidikan   dan   Kebudayaan   Republik   Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik   dan  Satuan  Pendidikan  Dasar   dan  Pendidikan Menengah.   Permendikbud   No   53  Tahun   2015   ini merupakan  revisi   terhadap Permendikbud No 104 Tahun 2014  tentang Penilaian Hasil  Belajar  oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Lahirnya  Permendikbud   Nomor   53   Tahun   2015   ini dilatarbelakangi   berbagai   kesulitan   guru   dalam mengembangkan penilaian dalam pelaksanaan Kurikulum 2013..  Permendikbud No 53 Tahun 2015  ini   lahir  guna membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa bagi sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013.

Selanjutnya untuk mengimplemntasikan Peraturan Menteri  Pendidikan  dan Kebudayaan Republik  Indonesia Nomor  53 Tahun 2015  tentang Penilaian Hasil   Belajar   oleh   Pendidik   dan   Satuan   Pendidikan  Dasar   dan   Pendidikan Menengah   ini,  Direktorat   Jenderal  Pendidikan  Dasar  dan  Menengah melalui Direktorat   terkait,  bersama Pusat  Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum   dan   Perbukuan   (Puskurbuk),   telah   menerbitkan   buku   Panduan Penilaian   untuk   Sekolah  Menengah   Atas   (SMA);   Panduan   Penilaian   untuk Sekolah   Menengah   Kejuruan   (SMK);   Panduan   Penilaian   untuk   Sekolah Menengah Pertama (SMP); dan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Buku Panduan Penilaian  ini  diharapkan dapat  memfasilitasi  guru dan sekolah dalam  mengembangkan   penilaian   proses   hasil   belajar   siswa   yang   sejalan dengan tuntutan Kurikulum 2013

Dalam Buku Panduan Penilaian berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015 yang diimplementasikan bagi  sekolah yang  telah menerapkan Kurikulum 2013  ini  disajikan  tentang konsep,   teknik dan prosedur  penilaian,  baik untuk penilaian sikap, penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan, disertai dengan beberapa contoh  format  penilaiannya.  Di  samping  itu,  dijelaskan pula tentang   teknis   pelaksanaan   penilaian,   pengolahan   hasil penilaian   dan  pemanfaatan   hasil   penilaian,   termasuk   di   dalamnya   disajikan contoh Format Rapor dan Cara Pengisiannya.

Salah   satu   perbedaan yang   Juknis   Penilaian bagi   sekolah   yang menggunakan   Kurikulum 2013   berdasarakan Permendikbud   Nomor 53 Tahun 2015 dibanding Permendikbud   No   104 Tahun   2014   tentang Penilaian   Hasil   Belajar oleh   Pendidik   pada Pendidikan   Dasar   dan Pendidikan   Menengah adalah   bahwa   dalam penilaian   pembelajaran untuk jenjang SD sampai dengan   SLTA   kembali digunakan   nilai   dengan rentang 0 – 100 dengan intreprstasi,   sebagai berikut:
  • Sangat Baik (A) : 86-100
  • Baik (B)             : 71-85
  • Cukup (C)          : 56-70
  • Kurang (D)         : ≤ 55
Juknis   penilaian   yang   baru   bagi   sekolah   yang menggunakan Kurikulum 2013 berdasarkan Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015  silahkan download Buku Panduan Penilaian dengan  mengklik  tautan di bawah ini:

Semoga bermnfaat

Postingan populer dari blog ini

Transformasi Lorentz (relativitas Kecepatan)

Pada transformasi Galileo telah dikemukakan bahwa selang waktu pengamatan terhadap suatu peristiwa yang diamati oleh pengamat yang diam dengan pengamat yang relatif bergerak terhadap peristiwa adalah sama ( t = t’ ) . Hal inilah yang menurut Einstein tidak benar, selang waktu pengamatan antara pengamat yang diam dan pengamat yang bergerak relatif adalah tidak sama ( t ≠ t’ ) . Transformasi Lorentz pertama kali dikemukaan oleh Hendrik A. Lorentz, seorang fisikawan dari Belanda   pada tahun 1895. Karena waktu pengamatan oleh pengamat yang diam pada kerangka acuan S dan pengamat yang bergerak pada kerangka acuan S’ hubungan transformasi pada Galileo haruslah mengandung suatu tetapan pengali   yang disebut tetapan transformasi.   Sehingga persamaan yang menyatakan hubungan antara koordinat pada kerangka acuan S dan S’ dituliskan sebagai berikut : Transformasi Lorentz          x’ =   ϒ (x – v.t), y’ = y, z’ = z    dan    t’ ≠ t                   .... (9.6) Kebali

Gaya Pemulih pada Pegas

1.   Gaya Pemulih   Gaya pemulih dimiliki oleh setiap benda elastis yang terkena gaya sehingga benda elastis tersebut berubah bentuk. Gaya yang timbul pada benda elastis untuk menarik kembali benda yang melekat padanya disebut gaya pemulih. Akibat gaya pemulih tersebut, benda akan melakukan gerak harmonik sederhana. Dengan demikian, pada benda yang melakukan gerak harmonik sederhana bekerja gaya pemulih yang selalu mengarah pada titik kesetimbangan benda. a. Gaya Pemulih pada Pegas Pegas adalah salah satu contoh benda elastis. Oleh karena sifat elastisnya ini, suatu pegas yang diberi gaya tekan atau gaya regang akan kembali ke keadaan setimbangnya mula-mula apabila gaya yang bekerja padanya dihilangkan. Perhatikan gambar, anggap mula-mula benda berada pada posisi y = 0 sehingga pegas tidak tertekan atau teregang. Posisi seperti ini dinamakan posisi keseimbangan. Ketika benda ditekan ke bawah (y = –) pegas akan menarik benda ke atas, menuju posisi keseimbangan. Sebaliknya jik

Teori Kuantum Planck

Perkembangan teori tentang radiasi mengalami perubahan besar  pada saat Planck menyampaikan teorinya tentang radiasi benda hitam. Planck mulai bekerja pada tahun 1900. Planck mulai  mempelajari sifat dasar dari getaran molekul-molekul pada dinding rongga benda hitam. Dari hasil pengamatannya Planck membuat simpulan sebagai berikut. Setiap benda yang mengalami radiasi akan memancarkan energinya secara diskontinu (diskrit) berupa paket-paket energi. Paket-paket energi ini dinamakan kuanta (sekarang dikenal sebagai foton) . Energi setiap foton sebanding dengan frekuensi gelombang radiasi dan dapat dituliskan : E = h f                     dengan  :  E  =  energi foton (joule)                   f   =  frekuensi foton (Hz)                   h  =  tetapan Planck (h = 6,6.10 -34 Js) Jika suatu gelombang elektromegnetik seperti cahaya memiliki banyak foton maka energinya memenuhi hubungan berikut.         E = nhf Persamaan yang sangat berkaitan dengan hubungan di atas adal