Langsung ke konten utama

APLIKASI HP ANDROID YANG DAPAT DIPERGUNAKAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Handphone Android atau  tablet ada yang dilarang dalam proses belajar mengajar, karena dianggap dapat merusak konsentrasi melalui game, media sosial dan aplikasi chatting. Padahal, terdapat banyak aplikasi pendidikan yang bisa memudahkan guru dan murid. Setidaknya bisa digunakan oleh guru dalam memberikan tugas belajar di rumah atau belajar kelompok, karena hampir sebagian besar siswa terutama di perkotaan telah memiliki  HP berbasis Android. Berikut ini saya kutip lima Aplikasi Smartphone dari http://www.nextren.com dan puluhan aplikasi pembelajaran dari http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/

1. Edmodo
Diskusi murid dan guru di kelas kadang tak selesai bertepatan dengan bel pulang sekolah. Untuk itu Edmodo hadir. Aplikasi ini memungkinkan guru dan murid-murid melanjutkan diskusi di kelas ke ranah chatting. Pertukaran konten seperti video dan foto dimungkinkan. Guru juga bisa membuat kuis dan survey online untuk bahan evaluasi belajar-mengajar di kelas. Bahkan, pekerjaan rumah murid bisa diunggah lewat aplikasi ini sekaligus dinilai oleh guru.
Aplikasi ini bisa meningkatkan produktivitas guru dan murid sebagai pengajar dan yang diajar. Kamu bisa menggunakan di SINI

2. TED
Organisasi Technology, Entertainment, Design (TED) menghimpun ratusan pembicara inspiratif melalui program TED Talks. Mereka bergerak di berbagai sektor, misalnya industri kreatif, pendidikan, dan sebagainya. Dari pembicara-pembicara tersebut, guru dan murid bisa berdebat dan berdiskusi. Proses belajar-mengajar yang mengedepankan diskusi dengan topik menarik tentu lebih mudah diserap oleh murid.
Unduh di AppleApp Store atau GooglePlay Store.

3. Blackboard Mobile Learn
Pada dasarnya aplikasi ini serupa dengan Edmodo. Bedanya, antarmuka aplikasi dibuat lebih cerah dan ceria dengan warna-warni kapur virtual di papan virtual pula. Guru bisa menyebar pengumuman ujian, mengunggah tugas rumah, serta memberi tahu informas-informasi lainnya.
Unduh di AppleApp Store atau GooglePlay Store.

4. Subtext
Melalui aplikasi ini, guru bisa membenamkan topik diskusi langsung pada bahan bacaan yang dibagi online. Antarmuka yang ramah pengguna akan memudahkan murid memahami bahan bacaan. Guru bisa membuat highlight untuk beberapa kalimat atau paragraf pada bahan bacaan. Setelahnya, murid bisa membuka informasi lebih lanjut tentang kalimat atau paragraf yang digarisbawahi.
Unduh di AppleApp Store.

5. Trello
Aplikasi ini berguna untuk mengerjakan tugas kelompok. Murid-murid yang tergabung dalam satu kelompok bisa bekerja lebih terorganisir dengan membuat check-list, mengunduh gambar, dan membagi tugas ke tiap anggota. Sehingga, tiap anggota mengetahui sampai di mana proses pengerjaan tugas anggota lainnya dan tugas mana yang dibebankan ke anggota A, B, C, seterusnya. Kesalahan koordinasi bisa direduksi.
Unduh diApple App StoreatauGoogle Play Store


Postingan populer dari blog ini

Gaya Magnetik di Antara Dua Kawat Sejajar Berarus

Di sekitar kawat berarus timbul induksi magnet. Apa yang akan terjadi jika kawat berarus lain didekatkan  kawat pertama? Keadaan ini berarti ada dua kawat   sejajar. Kawat kedua berada dalam induksi magnet kawat pertama, sehingga akan terjadi gaya Lorentz. Begitu juga pada kawat kedua akan menimbulkan gaya Lorentz pada kawat pertama. Gaya itu sama besar dan memenuhi persamaan berikut.       CONTOH 5.5 Diketahui dua buah kawat sejajar dialiri arus I 1 = 10 A dan I 2 = 20 A dengan arah berlawanan dan berjarak 10 cm. Tentukan gaya Lorentz yang dirasakan oleh kawat I 2 sepanjang 20 cm karena pengaruh I 1 ! Penyelesaian I1 =  10 A I2 =  20 A a  =  10 cm l = 20 cm = 0,2 m Gaya Lorentz I 2 oleh I 1 adalah : F = 4.10 -4 . 0,2 = 0,8 .10 -4 N LATIHAN 5.5 Dua kawat sejajar lurus panjang berjarak 20 cm satu sama lain. Kedua kawat dialiri arus masing-masing I 1 = 10A dan I 2 = 20 A dengan arah berlawanan. Tentukan arah dan besar gaya Lorentz yang di

Transformasi Lorentz (relativitas Kecepatan)

Pada transformasi Galileo telah dikemukakan bahwa selang waktu pengamatan terhadap suatu peristiwa yang diamati oleh pengamat yang diam dengan pengamat yang relatif bergerak terhadap peristiwa adalah sama ( t = t’ ) . Hal inilah yang menurut Einstein tidak benar, selang waktu pengamatan antara pengamat yang diam dan pengamat yang bergerak relatif adalah tidak sama ( t ≠ t’ ) . Transformasi Lorentz pertama kali dikemukaan oleh Hendrik A. Lorentz, seorang fisikawan dari Belanda   pada tahun 1895. Karena waktu pengamatan oleh pengamat yang diam pada kerangka acuan S dan pengamat yang bergerak pada kerangka acuan S’ hubungan transformasi pada Galileo haruslah mengandung suatu tetapan pengali   yang disebut tetapan transformasi.   Sehingga persamaan yang menyatakan hubungan antara koordinat pada kerangka acuan S dan S’ dituliskan sebagai berikut : Transformasi Lorentz          x’ =   ϒ (x – v.t), y’ = y, z’ = z    dan    t’ ≠ t                   .... (9.6) Kebali

Listrik Dinamis

LINK FISIKA || HOME || ARUS LISTRIK || BEDA POTENSIAL || HUKUM OHM || HAMBATAN LISTRIK || HUKUM KIRCHOFF || RANGKAIAN HAMBATAN || DAYA LISTRIK || PENGHEMATAN ENERGI ||