Senin, 26 Desember 2016

Induksi Magnetik Kawat lurus Berarus Listrik

Induksi magnet di sekitar kawat lurus panjang sebanding dengan kuat arus I dan berbanding terbalik dengan jaraknya  a.  Misalnya suatu titik P terletak pada jarak a dari kawat penghantar  (Lihat Gambar 4.5), besarnya induksi magnet di titik P yang diakibatkan oleh elemen sepanjang  dL yang berjarak r dari titik dapat dinyatakan:



Untuk kawat yang sangat panjang maka θ1 = 0o dan θ2 =180o sehingga :

       dengan  :  Bp =  induksi magnet di titik P (wb/m2)
                    i   = kuat arus listrik (A)
                    a  =  jarak titik P ke kawat (m)
                   μ0 = permiabilitas hampa (4π.10-7 wb/Am)

contoh soal 5.1
Dua kawat lurus panjang berarus listrik sejajar dengan jarak 15 cm. Kuat arusnya searah dengan besar IA = 10 A dan IB = 15 A. Tentukan induksi magnet di suatu titik C yang berada diantara kedua kawat berjarak 5 cm dari kawat IA.
Penyelesaian
IA = 10 A
IB = 15 A
aA = 5 cm
aB = 10 cm
Letak titik C dapat dilihat seperti pada Gambar 5.4. Sesuai kaedah tangan kanan arah induksi magnetnya berlawanan arah sehingga memenuhi :

Latihan 5.1
 a.   Dua kawat lurus panjang A dan B berjarak 10 cm satu sama lain. Keduanya dialiri arus sebesar IA = 2A dan IB = 3 A. Tentukan :
a.  Induksi magnet di titik tengah antara keduakawat,
b.  letak titik yang induksi magnetnya nol!
a.       Kawat lurus panjang berarus listrik 5 A diarahkan mendatar dari selatan ke utara. Tentukan arah dan besar induksi magnet pada titik yang berjarak 4 cm di :
a. atas kawat,
b. bawah kawat,
c.  di timur kawat,
d.  di barat kawat.
b.      Dua kawat lurus panjang berjarak 10 cm satu dengan yang lain. Kedua kawat dialiri arus I1 = 5 A dan I2 = 6 A. Tentukan kuat medan listrik di titik yang berjarak 8 cm dari I1 dan 6 cm dari I2.
c.       Kawat A berarus 6 A dan kawat B berarus 8 A dipasang sejajar pada jarak 14 cm. Tentukan letak suatu titik yang memiliki kuat medan magnet nol jika  arusnya searah.